Benteng Takeshi tontonan wajib sore hari

 Dulu waktu gue kecil sekitar jam 3 sore pasti selalu mantengin TV, gue ampe rela ngga main bola atau main layangan sama temen-temen gue alasannya simple cuma mau ketawa ngakak nonton benteng takeshi (takeshi castle) di TPI hahaha, Ini program legend banget. Takeshi castle adalah program reality game yang ditayangkan di Jepang dalam kurun waktu 1986 s/d 1989 di Tokyo Broadcasting System. Format acara ini adalah mengumpulkan 100 orang yang akan diuji melalui serangkaian game yang bersifat fisik maupun non fisik sehingga tersaring beberapa peserta yang pada babak final akan melawan king takeshi serta anak buahnya untuk merebut benteng takeshi.

            Acara ini juga ditayangkan di 27 negara lainnya termasuk AS, inggris dan tentunya Indonesia. di Indonesia acara ini masih dalam format yang asli jepang namun di dubbing dengan bahasa indonesia, berbeda dengan negara lain yang menayangkannya dengan peserta asal negara tersebut.


kami segenap keluarga besar benteng takeshi mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa


            Kita kenalan dulu yuk sama crew nya benteng takeshi. King takeshi atau biasa di sebut “yang mulia” ini bernama asli Saburo Ishikura sedangkan asistennya (yang selalu dikeplak pake kipas sama king takeshi) namanya takeshi Jo lalu ada komandan dari tim peserta (yang biasa bilang SERBUU… sambil angkat tongkatnya) Hayato Tani. kemudian tiga reporter yang tugasnya mewawancarai peserta bernama Junji Inagawa, Akira Sakamoto dan Shingo Yanagishawa.

Hayato Tani

Sekilas mirip Ki Kusumo tp dengan versi sangar

   Tantangan yang harus dihadapi peserta kurang lebih ada 10-13 game. Tantangan pertama biasanya berupa dinding licin yang harus dipanjat oleh peserta dengan batas waktu tertentu, tantangan ini lumayan banyak menyisihkan peserta yang awalnya 100 orang berkurang menjadi 70-80 orang, berikut ini nama dan penjelasan lengkap tantangan pada benteng takeshi.

1.      Slippery Wall : Tantangan berupa dinding curam yang licin, disini peserta harus memanjat dinding tersebut yang di atasnya terdapat tali pendek untuk berpegangan. terlihat mudah oleh kita yang nonton di TV tapi aslinya itu susah parah bro. kebayang kan 100 peserta rebutan manjat dinding kaya begitu.

sesudah diambil foto ini sang peserta selalu berjalan dengan gaya seperti ini sehari-harinya


2.      Avalanche : Di tantangan ini peserta dihadapkan pada lorong yang menanjak keatas dengan ruang sempit disisi kiri dan kanan lorong tersebut untuk menghindar dari batu besar maupun kecil yang digelindingkan oleh anak buah Takeshi. Ketepatan waktu berlari dan bersembunyi merupakan aspek penting di game ini. (pernah dalam beberapa kesempatan seorang peserta terjebak di bebatuan sampe gak bisa keluar).




3.      Square Maze : Sebuah labirin dengan banyak pintu dan ada 2 orang penjaga yang siap menangkap peserta belum lagi diantara ujung pintu tersebut ada kolamnya. Kurang susah apalagi coba? Kalo lagi apes pilihannya cuma dua, kalo ngga ketangkep sama penjaga terus diitemin mukanya atau nyebur kolem dengan kepala duluan. (pernah ada peserta yang curang dengan menaiki pintunya terus lari-larian diatas pintu dan dia berhasil.. jeniusssss )


4.      Knock-Knock : pada tantangan ini peserta harus melewati empat pintu dimana diantara pintu itu ada yang bisa diterobos dengan mudah dan ada pintu yang kalo kita terobos lalu kena kepala bisa ngerasain jadi mike tyson waktu dipukul sama lawannya (gejala awal pusing disertai malu). Di lapis terakhir pintu tersebut terdapat anak buah Takeshi bernama Yoroi (Boneka samurai tinggi gede tapi ngga guna).


5.      Mushroom Trip : peserta diharuskan menaiki jamur raksasa yang berputar cepat (kadang pake tangan kosong kadang disediain tali) dan jatuh di tempat yang ditentukan.


6.      High Rollers : tau kan penggilingan (roller) yang biasa dipakai emak kita kalo mau bikin adonan kue? Di tantangan ini tiap peserta harus menaiki roller tersebut cuma bedanya ini agak gedean dikit aja.




7.      Skiping Stones : peserta harus melewati sungai dengan berpijak pada batu yang ada sampai mencapai daratan. Yang bikin bête diantara batu tersebut ada yang terbuat dari Styrofoam (gabus).



8.      Dino Ride : peserta diharuskan bermain rodeo tapi bukan dengan hewan sungguhan melainkan dengan sebuah mainan yang kadang bentuk hewannya absurd.


9.      Karaoke : tantangan ini paling beda sendiri karena bukan merupakan tantangan fisik. Peserta masuk ke ruangan seperti panggung dengan beberapa juri didepannya lalu peserta harus menyanyi dan bila juri menilai suara peserta bagus maka akan lolos ke babak berikutnya bila juri menilai suara anda mirip jaiko (adenya giant) maka anda gagal.


10.  Quake : tantangan ini kayanya khas Jepang banget. Tantangan yang special menurut gue karena mungkin dibuat sebagai latihan antisipasi warga jepang kalo kena gempa bumi. Disini peserta diharuskan duduk beralaskan bantal dalam sebuah rumah kecil yang nantinya akan bergoyang seperti gempa bumi sungguhan, jika terjatuh maka gagal.


11.  Star Bowling : Peserta memakai pakaian pin bowling lalu berbaris layaknya susunan pin dalam permainan bowling, lalu anak buah Takeshi akan meluncurkan bola bowling besar ke arah mereka.


12.  Sumo Rings : disini faktor keberuntungan sangat berpengaruh, sebelum bermain,  peserta mengambil bola undian berwarna yang dicocokan warnanya pada lawan yang akan dihadapi pada pertandingan sumo. Kalo lagi apes bisa ngelawan atlit sumo beneran atau kalo lagi beruntung bisa ngelawan orang ceking cacingan.

Pengundian
Lagi Apesss

lawan yang sepadan


13.  Bridge Ball : peserta diharuskan menangkap bola emas yang ditembakan oleh komandan kemudian melewati jembatan Gibraltar sambil ditembaki oleh anak buah Takeshi.



14.  Final Fall : Peserta harus memilih 5 lubang atau sumur yang harus di masuki untuk masuk ke babak final namun diantara lubang-lubang tersebut terdapat dua lubang yang ditempati penjaga yang berpakaian aneh dan kadang-kadang disini para penjaganya suka modus megang-megangin cewek yang lompat ke lubangnya mereka.


Lubang yang harus dipilih peserta

Penjaga Lubang final Fall

15.  Showdown : babak terakhir dalam permainan Benteng Takeshi. Disini peserta (biasanya jumlahnya ngga lebih dari 10 orang) akan bertarung langsung dengan king takeshi dan anak buahnya dengan cara menaiki bombom car sambil menembaki jaring yang ada di depan mobil musuh sampai sobek (dalam sejarah baru ada dua kesempatan king Takeshi kalah dan dimenangkan para peserta)

perkenalan peserta menjelang final showdown



            
Anak-anak kecil atau remaja Indonesia yang pernah ngerasain era 90an pasti ngga pernah ngelewatin tontonan ini. Buat gue tontonan ini sangat menghibur karena lucunya ngga tahan ngeliat para peserta apes belum lagi tingkah orang jepang yang polos-polos tapi paling juara ngakaknya kalo dengerin dubbing orang indonesianya dengan jargon “Doakan saya yahhh” atau “Aku Pasti Bisa.! Lihat saja”. Belum lagi komentar penontonnya. misalkan cewe cantik yang jadi peserta pasti ada yang teriak “Ayo cantikkk” atau “Ayo Manisss” terus kalo jatoh diteriakin  “Akhhh Payahhhhhh” . Pemenang dalam babak final mendapatkan hadiah 1 juta yen yang kalau di rupiahin sekitar 108 juta terus ada juga hadiah untuk penantang tergigih sebanyak 100 ribu yen (Rp 10 juta ). Mungkin segitu dulu untuk postingan benteng takeshi saat ini sebenernya masih banyak yang belum dibahas mungkin nanti ada bagian yang kedua.

Doakannn Sayaa Yaaaaa....

ahhh aku kelihatan bodoh di tempat ini, maaf yaa

Aku Pasti Bisaaaa



Share this article :
 

+ komentar + 3 komentar

Anonim
17 Januari 2013 pukul 00.45

hahahaha.. blog yang mengingatkan akan masa kecil dahulu. namun jumlah permainannya mesti ditambah bang, kaya permainan yang para peserta menjadi tangan dan disuruh cepet-cepetan nyari kartu yang disebut komandannya. itu juga lumayan sadis, terkadang presenternya sampai tidak mau bantuin buat angkat si pesertanya. hahaha but, at the last.. this blog is good. :)

22 Mei 2013 pukul 22.38

dubbing-nya jg lumayan bagus, jd mengenang masa kecil. :D

1 Agustus 2013 pukul 20.19

Sekarang main lagi di Gtv jam 13:00

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. oldschool90an.blogspot.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger