TV Show : Kartun Jadul 90an


       Rasanya miris lihat keponakan gue yang usianya baru 6 tahun setiap libur sekolah malah menonton tayangan FTV ataupun sinetron di televisi. Bukannya apa-apa tapi konten tayangan tersebut memang bukan ditujukan untuk anak kecil tetapi untuk dewasa namun jadwal penayangannya yang disiarkan tiap hari minggu pagi tersebut mau tidak mau akan ditonton oleh sang anak.
        Bimbingan orang tua dan peraturan penyiaran yang berlaku di Indonesia sudah seharusnya mencegah hal tersebut namun apa daya hal itu tidak terjadi dan malah sebaliknya. Kalo boleh membandingkan kehidupan anak sekarang dengan kehidupan gue saat kecil tepatnya di era 90an, gue merasa sangat beruntung karena dibesarkan bukan dengan tayangan sinetron atau musik seperti sekarang ini, yang gue maksud adalah dulu setiap hari minggu bagi gue adalah harinya anak-anak. Kami para anak kecil zaman itu dimanjakan dengan tontonan kartun yang sesuai dengan usia dan pola pikir kami. Tadinya gue ingin memberikan ulasan tentang kartun 90an dalam satu postingan tapi karena banyak dan kurang enak dilihat maka saya atur dalam beberapa kategori seperti kartun yang cewe banget, kartun yang cowo banget, kartun absurd dan kartun edukasi. Nah yang saya akan ulas pada postingan ini adalah kartun 90an yang tidak masuk dalam kategori yang saya sebut tadi, ohh iya kalaupun ada kartun yang tidak saya sebutkan berarti itu saya belum nonton kasian yahh, check this out bro.

1.       .Ninja Hatori

“          Mendaki gunung lewati lembah, sungai mengalir indah di Samudera bersama teman, bertualang”  itu petikan lagunya yang masih khatam di otak gue haha. Film animasi ini bercerita tentang seorang ninja kecil bernama Hattori yang berteman dengan kenichi seorang anak SD biasa. Keninchi di sekolahnya menyukai seorang gadis bernama Yumeko namun ada satu ninja kecil lain yang suka mengganggu Kenichi yaitu Kimimaki, nah saat kimimaki mengerjai kenichi selalu ada hattori yang membantunya. Sang pembuat anime ini adalah Fujiko Fujio yang sudah terkenal dengan karyanya Doraemon terlebih dahulu.



Dari kiri ke kanan : Kagekiyo, Kimimaki, Shinzo, Shishimaru, dan Kenichi



Kenichi : Aku siapa? Ini di mana? kenapa gadis yang di sebelah kiri wajahnya mirip giant?


Spongebob aja pengen jadi Ninja Hattori...


Lelaki dewasa yang jomblo pasti persepsi ngeliat foto ini  beda.. kasian

                                           


   Ninja Boy (Ninja Rantaro)

         Tadinya gue mau masukin film animasi ini ke dalam kategori kartun absurd tapi ngga jadi karena untuk kategori film absurd udah terisi 5 film kartun lain. ohh iya  ini adalah salah satu favorit gue lho. Ninja boy bercerita tentang Rantaro, Kirimaru, Dan shinbei saat mereka berguru di sebuah sekolah ninja. Rantaro yang berkacamata tidak memiliki penglihatan yang bagus namun dia memiliki kelebihan dalam berlari cepat sedangkan Kirimaru entah bisa disebut kelebihan atau keanehan yang pasti dia bisa mendengar dentingan suara uang logam yang jaraknya 100 meter nah kalo Shinbei satu-satunya yang paling jago dia lakukan adalah makan, iyaa makan.. ohh iya ingus nya lupa, itu trademark nya dia juga.





Semua akan lebih cepat andai kirimaru mendapat sebuah uang logam

Simbol Kemachoan (guru yamada)

No comment deh


3.       Digimon

           Digimon (digital monster) adalah makhluk hidup yang mempunyai kecerdasan buatan yang tersusun dari kumpulan data-data digital. Disini gue lebih condong mengulas tentang digimon adventure yang season pertama karena season-season selanjutnya sudah bukan era 90an dan makin aneh bentuk dan nama digimon nya. Cerita bermula dari tujuh anak-anak Yagami Taichi, Ishida Yamato, Takenouchi Sora, Izumi Koushiro, Tachikawa Mimi, Kido Joe, dan Takaishi Takeru yang sedang berkemah saat musim panas. Tiba-tiba masing-masing dari mereka kejatuhan benda aneh dari langit yang merupakan Digivice sejak menemukan benda tersebut mereka terbawa ke dalam dunia digital kemudian mereka bertemu digimon yang menjadi partner mereka Agumon, Gabumon, Piyomon, Tentomon, Palmon, Gomamon, dan Patamon. Di dunia digital mereka bertugas membasmi digimon-digimon jahat, dalam membasmi digimon jahat tersebut digimon yang menjadi partner mereka bisa berevolusi sehingga menjadi lebih kuat.


anak-anak beserta digimon nya yang belum berevolusi



Digimon yang  sudah berevolusi



Atlur Kabuterimon, salah satu digimon favorit gue



HolyAngemon, salah satu digimon yang penampilannya  kece


4      Mojacko

            Alien yang berbentuk bulat, berbulu dan suka ngomong “moja..moja”. yapp that’s Mojacko. Dia berasal dari planet moja-moja. Mojacko bersama Dono (robot yang gila makan ubi) lalu adik mojacko bernama mojari dan mojaru yang terdampar di bumi kemudian mereka bertemu dengan seorang anak bernama Sorao yang ingin membantu mojacko dkk kembali ke planetnya. Mojacko mempunyai musuh bernama momonja, sedangkan Sorao mempunyai musuh bernama Wutan.


Mojacko Dkk



Penampilan Mojacko saat karaokean di Inul Vizta



Mojacko ngga boleh kena air, kalo kena air jadi gepeng gitu



Dono (tengah) sedih karna ngga ada sushi rasa ubi




5.       Nube (Guru ahli Roh) 

           Di jepang anime ini bernama Jigoku Sensei Nube yang dibuat oleh seorang penulis Shou Makura dan seorang seniman bernama Takeshi Onano. Tokoh utama dalam anime ini adalah Meisuke Neini atau yang biasa di panggil guru Nube. Nube adalah seorang guru yang mengajar di SD Domori, selain sebagai guru dia juga adalah seorang ahli roh dan sering melindungi kota domori dari gangguan roh jahat dengan meminjam kekuatan setan yang terkurung di tangan kirinya. Tangan itu sering ia sebut sebagai “tangan setan”.


















 Sumber : http://id.wikipedia.org
Share this article :
 

+ komentar + 8 komentar

Anonim
12 Agustus 2013 pukul 20.17

Inget kartun yg tokoh cowoknya namanya mike gak? Lagi nyari2 judulnya tp gak ketemu2 hehe

4 Juni 2014 pukul 23.33

Azuki bunny ya.

28 Agustus 2014 pukul 12.25

yaampunnnn itu kartun bener-bener yang jaman dulu banget..
kangen banget ku nonton kartun-kartun itu,
kira-kira baklan tayang lagi ga ya?
terimakasih ;)

6 Oktober 2014 pukul 15.07

klo mojako lagunya gini...............
mojako berputar dan berkeliling keliling,,,
indah d lihat mata,,,hatipun berdebar rasanya

itulah rasanya,,,perasaan ku slama ini
jantungku berdebar,,ku rahasiakan pada ibuku

karna selalu berdebar rasanya,,perasaan ku bila bersama dirinya
aku dibawa olehnya memutari t4 yg indah,,,,,,,,
aku sukaaaaaaaaaaaa :D

15 April 2015 pukul 13.58

lebih rame kartun jaman dahulu dibadingkan kartun jaman sekarang..

mampir sekalian yuk http://mobildatsunbandung.com/

19 November 2015 pukul 16.58

kalo liat film kuku nube ane jadi sering inget waktu sd.... buku ane habis gara2 kertasnya sering disobekin buat bikin kukunya nube.... hahahaha.... tapi kok sinchan ga ada yahh padahal ituu film yg sangat menginspirasi anee...

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. oldschool90an.blogspot.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger